10 Ras Anjing Tertua di Dunia, dari Chow Chow Sampai Samoyed

Anjing dan manusia telah lama menjadi sahabat. Bahkan, ada bukti bahwa manusia telah memelihara anjing sejak 12.000 tahun yang lalu. Anjing merupakan hewan peliharaan tertua yang sangat dikenal di dunia. Mereka hingga kini tetap menjadi hewan peliharaan yang sangat populer. Dan berikut adalah beberapa ras anjing tertua di dunia.

1. Chow Chow

gambar anjing chow chow

Chow Chow kemungkinan besar berasal dari Tiongkok utara tempat mereka dikenal sebagai Songshi Quan, yang berarti ‘anjing Puffy-lion’. Mereka adalah satu-satunya ras anjing di dunia dengan rongga mulut dan bibir berwarna biru kehitaman.

2. Tibetan Terrier

gambar anjing tibetan terrier

Tibetan terrier adalah anjing berukuran sedang yang sesuai namanya berasal dari Tibet. Meskipun dikenal sebagai terrier Tibet, anjing ini tidak termasuk dalam kelompok terrier. Nama Tibetnya adalah Tsang Apso yang berarti anjing berjanggut atau berbulu dari provinsi Tsang. Beberapa orang Tibet percaya bahwa anjing jenis ini membawa keberuntungan.

3. Akita Inu

Akita Inu

Akita Inu dinamai sesuai nama daerah bagian utara Jepang yang dikenal sebagai Prefektur Akita. Meskipun asal usul pasti dari jenis anjing ini tidak diketahui jelas, penemuan arkeologis menunjukkan bahwa Matagi-Inu, leluhur Akita Inu, hidup antara 8.000 SM sampai 200 SM.

4. Siberian Husky

gambar anjing siberian husky

Seekor anjing Siberia mungkin terlihat seperti serigala liar, tetapi sebenarnya mereka adalah teman yang santai. Siberian husky adalah jenis pekerja berukuran sedang yang berasal dari bagian timur laut Asia. Mereka dikenal karena beberapa ciri, speerti telinga segitiga berdiri dan lapisan bulu ganda tebal.

5. Afghan Hound

gambar anjing afghan hound

Afghan hound mudah dikenali dari lapisan bulunya yang halus, tebal, dan lembut dengan ekornya yang melengkung di ujungnya. Mereka adalah salah satu ras anjing kuno yang terkait dengan Saluki. Afghan hound adalah salah satu anjing paling awal yang ditampilkan dalam pertunjukan anjing oleh Kennel Club di Inggris.

6. Basenji

gambar anjing basenji

Basenji, juga dikenal sebagai anjing Zande atau anjing terrier Kongo, dikembangkan sebagai anjing penjaga atau pemburu kawanan oleh banyak suku asli Afrika. Basenji tidak menggonggong, tetapi mereka merintih, menggeram dan melolong. Mereka adalah anjing yang sangat energik dan penuh rasa penasaran. Mereka membutuhkan banyak olahraga.

7. Saluki

gambar anjing saluki

Saluki adalah anjing pelacak. Mereka sebelumnya dibesarkan oleh orang-orang nomaden yang menyukai anjing-anjing ini karena daya tahan, kekuatan, dan kecepatan mereka. Menurut Guinness World Records, Saluki adalah jenis anjing tertua di dunia. Anjing-anjing ini dapat mencapai kecepatan maksimum sekitar 67 km per jam.

8. Lhasa Apso

gambar anjing lhasa apso

Lhasa Apso adalah jenis anjing non-sporting yang berasal dari Tibet. Ibukota Tibet adalah Lhasa, sedangkan istilah Apso adalah kata dalam bahasa Tibet yang berarti berjenggot. Oleh karena itu, Lhasa Apso mengacu pada anjing Lhasa berbulu panjang. Mereka dibiakkan oleh para biksu untuk membantu menjaga biara-biara Budha.

9. Chinese Shar-Pei

gambar anjing chinese shar-pei

Chinese Shar-Pei adalah jenis anjing purba yang awalnya digambarkan dalam patung-patung tanah liat China yang berasal dari tahun 206 SM. Mereka adalah makhluk mandiri yang bisa menjadi teman yang baik.

10. Samoyed

gambar anjing samoyed

Samoyed awalnya digunakan untuk menarik kereta luncur, menggiring ternak, dan berburu di bagian barat laut Siberia. Meskipun asal usul mereka tidak dapat diketahui jelas, bukti menunjukkan bahwa mereka bermigrasi dari Asia Tengah ke Kutub Utara sekitar 1.000 tahun sebelum Kristen muncul.

Advertisements

Komentarmu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s