10 Tips Menjaga Kehidupan Pernikahan yang Bahagia Dan Langgeng

Menurut definisi, pernikahan mengacu pada proses di mana dua orang yang benar-benar saling mencintai membuat hubungan mereka menjadi permanen. Dengan cara ini, kedua kekasih akan menjadi satu, menciptakan ikatan yang berlangsung seumur hidup sampai maut memisahkan mereka!

pernikahan

Hubungan asmara itu sulit dan pernikahan bukanlah pengecualian karena kita semua akan mengalami pasang surut. Jadi, apa yang membuat kehidupan pernikahan bahagia? Bagaimana memastikan bahwa Anda berdua akan selalu menjadi lebih kuat setiap saat meski melewati masa-masa sulit bersama? Ini adalah pertanyaan yang sulit untuk dijawab karena tidak ada yang tahu tantangan apa yang akan kita hadapi begitu kita menikah.

Tetapi bagi Anda yang mendambakan pernikahan yang bahagia, Anda harus saling mencintai, salng percaya satu sama lain, belajar mengekspresikan diri secara bebas dan penuh hormat, serta selalu ada untuk satu sama lain.

Ada banyak hal yang membentuk pernikahan yang bahagia tetapi kualitas-kualitas yang disebutkan di atas menetapkan fondasi yang baik untuk pernikahan yang bahagia dan langgeng.

1. Membangun komunikasi yang baik

Komunikasi adalah detak jantung dari hubungan apa pun karena memungkinkan Anda untuk mengekspresikan cinta dan perhatian Anda. Membangun komunikasi yang baik antara Anda dan pasangan akan membantu Anda saling memahami dan juga belajar tentang bahasa cinta satu sama lain. Ini penting karena memahami bahasa cinta adalah salah satu rahasia pernikahan yang bahagia dan memuaskan.

Komunikasi juga berfungsi sebagai perekat yang pada dasarnya menyatukan semua jenis hubungan. Tanpanya, pernikahan pasti akan hancur begitu pasangan menghadapi masa-masa sulit.

Komunikasi adalah hal yang memungkinkan Anda dan pasangan melewati rintangan. Dengan mengekspresikan perasaan, Anda berdua akan mampu menyelesaikan segala macam penghalang yang mungkin ada.

2. Selalu menghargai satu sama lain

Kadang-kadang ketika orang menikah dan menjalani kehidupan, hubungan mereka menjadi biasa-biasa saja. Ini adalah sesuatu yang harus Anda hindari setiap saat karena dapat membuat pernikahan Anda yang dulunya bahagia dan indah menjadi membosankan.

Untuk menghindari hal ini, pastikan Anda saling mengapresiasi setiap hari. Jadikan itu kebiasaan dan itu akan berkembang menjadi semacam budaya dalam pernikahan Anda.

Menghargai satu sama lain akan membuat Anda dan pasangan tetap puas dengan pernikahan kalian dan ini akan memberi Anda banyak kebahagiaan. Untuk menunjukkan penghargaan, Anda dapat melakukan hal-hal sederhana seperti mengucapkan terima kasih, memberi pujian, hadiah, dan kata-kata penghiburan di kala hati sedih.

3. Jadilah pendengar yang baik

Mendengarkan akan membawa banyak kebaikan. Ada perbedaan antara mendengar dan mendengarkan karena mendengarkan adalah seni atau keterampilan. Mendengarkan bukan cuma memperhatikan apa yang dikatakan pasangan Anda, tetapi juga mampu menguraikan hal-hal yang tidak terkatakan. Mendengarkan melibatkan hati dan bukan hanya telinga.

pernikahan2

Jika Anda bukan pendengar yang baik, pernikahan Anda akan mengalami gangguan dalam komunikasi yang akan mengarah pada pernikahan yang tidak bahagia. Tanpa bisa saling mendengarkan, batin Anda berdua akan terputus sehingga terjadi pernikahan yang tidak bahagia.

4. Jujur setiap saat

Kejujuran benar-benar nilai terbaik dalam hal pernikahan. Menyembunyikan sesuatu dari satu sama lain, tak peduli seberapa kecil itu, dapat membuat pernikahan hancur karena pada akhirnya semuanya akan terbongkar. Kejujuran memungkinkan Anda dan pasangan bisa menyelesaikan segala jenis konflik atau kesalahpahaman yang mungkin timbul dalam pernikahan.

Tanpa kejujuran, konflik tidak akan pernah diselesaikan karena Anda tidak akan pernah mengakuinya. Kebohongan-kebohongan itu akan menciptakan awan kegelapan yang tak menyenangkan yang akan selalu menghantui pernikahan Anda.

Kejujuran membuat Anda berdua bisa secara bebas mengekspresikan perbuatan, perasaan, dan pikiran satu sama lain sehingga terciptalah pernikahan yang bahagia.

5. Jadilah mandiri

Alasan mengapa menjadi mandiri saat menikah sangat penting adalah karena Anda tidak bisa bahagia dengan pasangan jika Anda tidak bahagia di tingkatan pribadi dan ini juga berlaku untuk semua jenis hubungan romantis lainnya. Menjadi mandiri berarti Anda harus bisa mengerjakan apa-apa sendiri dan mencari waktu untuk menikmati hobi pribadi.

Menjadi mandiri memungkinkan Anda untuk menjadi yang pertama, yang membuat Anda bisa memberikan kontribusi yang lebih positif untuk pernikahan Anda. Juga baik bagi pasangan untuk tidak terlalu bergantung pada satu sama lain karena hal itu bisa mengurangi beban, menjadikan Anda lebih berharga sebagai teman hidup.

6. Pertahankan gairah dan keintiman

Pernikahan tidak bisa berjalan tanpa keintiman dan satu cara untuk mempertahankan keintiman adalah dengan melakukan hubungan intim sewajarnya. Keintiman seksual dalam pernikahan membuat pasangan merasa lebih dicintai dan dihargai, memungkinkan Anda menjadi lebih tidak mementingkan diri sendiri, dan membuat hubungan semakin kuat.

Ini semua adalah hal yang menyebabkan pernikahan menjadi bahagia dan bermanfaat. Keintiman emosional juga sangat penting karena memungkinkan Anda dan pasangan berbagi rahasia, pikiran, dan perasaan yang membantu meningkatkan cinta Anda satu sama lain.

7. Hormati satu sama lain

Pernikahan tanpa rasa hormat adalah pernikahan yang tidak sehat. Pernikahan yang tidak sehat adalah pernikahan yang tidak bahagia. Beberapa faktor penting dalam menciptakan rasa hormat dalam pernikahan adalah timbal balik di mana Anda memberi dan menerima. Segala sesuatunya harus seimbang dan wajar.

pernikahan3

Rasa hormat dalam pernikahan harus saling menguntungkan, akomodatif, dan bersifat imbal balik. Menghormati satu sama lain memastikan bahwa tidak ada kritik yang berlebihan karena Anda berdua saling menghargai, memperlakukan satu sama lain dengan cara yang penuh kasih, dan memberikan perhatian dengan tulus.

8. Pelajari seni berargumen

Tak peduli seberapa sempurna pernikahan Anda, pasti Anda berdua tak akan bebas dari pertengkaran. Sesekali, Anda akan berada dalam perselisihan dan ini normal. Ada beberapa pendapat, kepercayaan, dan sikap yang Anda rasa sama dengan pasangan, tetapi ada beberapa hal yang tidak Anda setujui.

Di sinilah seni berargumen untuk menyatakan ketidaksetujuan diperlukan karena Anda berdua harus saling menghormati sudut pandang satu sama lain. Ini menciptakan kebahagiaan karena poin utama pertengkaran tidak akan lagi menjadi masalah dalam pernikahan Anda.

9. Berkompromi dengan satu sama lain

Pernikahan yang sehat dan bahagia adalah tentang kompromi. Anda dan pasangan adalah dua orang yang berbeda selera. Artinya segala sesuatu tidak mungkin selalu berjalan sesuai keinginan Anda setiap saat. Anda tidak boleh beradu pendapat setiap kali hal itu terjadi. Belajar untuk berkompromi memungkinkan Anda dan pasangan merasa penting dan dihargai sehingga pernikahan Anda menjadi sehat dan bahagia.

10. Belajar saling menerima

Terakhir dan ini sangat penting, khususnya bagi wanita yang dikenal karena omelan panjang mereka yang tidak pernah berakhir. Menerima satu sama lain membawa kedamaian bagi pernikahan karena Anda tidak lagi ingin mengubah satu sama lain. Penerimaan memungkinkan Anda bisa fokus pada hal-hal positif dari pasangan daripada hal-hal negatif yang tidak Anda sukai.

Pernikahan adalah hal yang indah ketika ada cinta, kebahagiaan, dan kepercayaan. Inilah sebabnya rahasia mempertahankan pernikahan yang bahagia sangat penting dipejari oleh semua orang, baik yang sudah menikah atau yang berencana menikah.

Advertisements

Komentarmu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s