10 Fakta Aneh dan Lucu Tentang Binatang

Dunia binatang penuh dengan hal aneh, menarik, unik, dan lucu. Dari hewan yang bisa punya sahabat sampai hewan yang bisa kembali lagi jadi bayi, semuanya hanya ada di dunia binatang. Dan fakta-fakta hewan tersebut kami rangkum dalam tulisan di bawah ini.

1. Panda itu aseksual

panda

Panda sebenarnya tidak benar-benar aseksual, tetapi menarik untuk dicermati bahwa sekitar 60% dari panda jantan di penangkaran tidak merasakan hasrat seksual sama sekali. Mengapa hanya panda di penangkaran? Alasannya adalah karena masa subur panda betina sangat singkat dan biasanya hanya bisa kawin tepat waktu di alam liar.

2. Sapi bisa punya teman baik

sapi

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di University of Northampton, sapi memiliki ikatan sosial yang kuat dan menunjukkan gejala fisik stres ketika mereka jauh dari sahabat mereka.

3. Ibex Pyrenean adalah satu-satunya hewan yang telah punah dua kali

pyrenean ibex

Ibex Pyrenean yang lahir secara alami terakhir (bernama Celia) mati pada tahun 2000 dan binatang itu pun resmi punah. Namun hebatnya para ilmuwan mampu menghidupkan kembali ibex melalui kloning. Sebuah kloningan lahir pada tahun 2003 tetapi mati setelah beberapa menit, membuat ibex Pyrenean punah untuk kedua kalinya.

4. Hiu sudah hidup di bumi lebih lama dari pohon

hiu

Spesies paling awal yang kita klasifikasikan sebagai pohon hidup sekitar 350 juta tahun yang lalu, tetapi hiu punya daya tarik tersendiri. Pasalnya, hiu paling awal hidup 400 juta tahun yang lalu, jauh melampaui pohon!

5. Manatee punya puting

manatee

Puting manate terletak di ketiak mereka. Hmm…

6. Tarantula anti lapar

tarantula

Laba-laba satu ini bisa hidup lebih dari dua tahun tanpa makanan. Kalau kita ya pasti sudah mati… hehehe.

7. Ada spesies ubur-ubur yang dapat menua secara mundur

ubur-ubur

‘Ubur-ubur abadi’ ini dapat kembali menjadi bayi berulang kali di saat krisis. Jika ubur-ubur ini mengalami kerusakan fisik, kelaparan, atau krisis lain, dia mampu “mengubah semua sel yang ada menjadi keadaan yang lebih muda,” menurut Pia Miglietta, seorang peneliti di Pennsylvania State University.

Ubur-ubur itu, yang hanya seukuran kuku kecil saat dewasa, akan berubah menjadi kista yang terlihat seperti gumpalan. Kemudian berubah menjadi koloni polip, dan memulai siklus hidupnya kembali. Koloni ini menghasilkan salinan genetik dewasa, jumlahnya bisa sampai ratusan.

8. Burung kardinal suka menutupi diri dengan semut

burung kardinal

Para kardinal (dan beberapa spesies burung lainnya) kadang-kadang suka menutupi diri mereka dengan semut yang dihancurkan atau semut hidup. Burung ini mengolesi bulu mereka atau membiarkan semut hidup merangkak pada tubuh mereka.

Para ilmuwan masih tidak tahu apa tujuannya. Beberapa ilmuwan percaya bahwa burung menggunakan asam format yang dikeluarkan selama ‘mandi semut’ itu untuk membantu menyingkirkan kutu dan parasit lainnya.

9. Ular punya kaki

ular berkaki

Ular mungkin telah beradaptasi dengan habitatnya dan tidak membutuhkan kaki, tetapi mereka masih memilikinya. Pada ular-ular tertentu kaki mereka muncul kembali tetapi sebagian besar hanya merupakan bagian tubuh yang tidak berguna.

10. Buaya memiliki hati paling canggih di dunia hewan

buaya

Jantung buaya dapat secara aktif mengubah arah darah yang mengalir dalam tubuhnya, tergantung kebutuhan. Keren!

Advertisements

Komentarmu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s