Bagaimana Idol Non Korea Seperti Momo Menguasai Bahasa Korea?

Kita tahu di K-Pop ada banyak sekali idol non Korea, sebut saja yang paling terkenal Momo, Mina, dan Sana dari TWICE serta Lisa dari BLACKPINK. Idol asal Jepang, China, Taiwan, dan Thailand memang sudah lama berkiprah di Korea Selatan sebagai entertainer. Yang mengherankan, mereka bisa berbicara dalam bahasa Korea dengan baik dan bahkan diposisikan sebagai rapper di grup masing-masing.

twice jepang

Bagaimana cara mereka bisa secepat itu menguasai bahasa Korea?  apa rahasianya?

Faktanya, mereka sebetulnya tidak diharuskan berbicara selancar orang Korea asli. Mereka mengerti dan bisa bicara bahasa Korea dasar. Ada beberapa faktor yang mempengaruhinya.

Meskipun bagi penutur asli Bahasa Inggris belajar bahasa Korea itu sangat sulit, bagi penutur asli bahasa Jepang atau China bahasa Korea akan jauh lebih mudah.

Di Seoul, berbagai sekolah bahasa Korea yang terkenal memiliki kelas-kelas yang berbeda untuk orang Jepang dan China karena mereka dapat menguasai bahasa ini dua kali lebih cepat dari yang lainnya.

Secara struktural, bahasa Korea memiliki persilangan dengan bahasa Jepang. Orang Jepang dan China tahu bahwa bahasa Korea menggunakan banyak akar yang sama.

Jadi akar suatu kata bisa jadi memiliki pengucapan yang sama atau sedikit berbeda. Tetapi sering kali terjemahannya adalah kata per kata (tak seperti beberapa kata bahasa Inggris yang tidak bisa diterjemahkan kata per kata ke bahasa Korea).

Contohnya adalah seperti ini:

Beijing 北京, dan Tokyo 東京, dan Hangyeong 漢 京 (nama lama lain untuk Seoul). Di Korea, kota-kota itu tentu saja disebut Bukgyeong dan Dong-gyeong (meskipun orang-orang biasa menggunakan Tokyo akhir-akhir ini).

Buk dan Dong, seperti yang ditunjukkan oleh sinograf di atas adalah ‘utara’ dan ‘timur’ (Ibukota / Benteng Utara dan Ibukota / Benteng Timur) dan nama-nama itu memiliki arti yang sama, tepatnya dalam bahasa Mandarin dan Jepang. Jadi pelajar bahasa Korea dapat dengan cepat menghafal banyak kata.

Bahkan lebih mudah ketika pelafalannya hampir sama (seperti nama Taeyang yang juga diucapkan dengan cara yang sama dalam bahasa China, kecuali dengan nada).

Alasan kedua, para idol non Korea itu masih muda, jadi lebih mudah untuk belajar bahasa asing ketika Anda masih muda.

Dan alasan terakhir, ini adalah masalah hidup atau mati dalam karier mereka. Jika mereka tidak bisa belajar bahasa Korea dengan baik, mereka tidak akan menjadi sangat populer dan tidak akan mendapatkan banyak uang dari job apa pun. Jadi mereka sangat termotivasi dan begitu pula perusahaan mereka.

Advertisements

Komentarmu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s