Apa yang Dilakukan Idol K-Pop Ketika Sedang Hiatus?

Sebagai penggemar K-Pop tentu kita tidak bisa memastikan, tetapi idol atau grup yang hiatus (rehat, absen, inaktif) biasanya akan beraktivitas di bidang lain untuk sementara itu. Meski grup secara keseluruhan mungkin akan tidak aktif pada waktu itu, masing-masing member dapat ambil bagian dalam kegiatan musik, drama, lagu/album solo, atau beristirahat.

bigbang

Jika hiatus grup tidak terlalu lama (biasanya jeda antara dua comeback), mereka kemungkinan sedang menjalani pelatihan untuk comeback berikutnya. Ini dilakukan bila perusahaan dan produser mereka telah memiliki jadwal yang jelas sebelum benar-benar comeback.

Anggota dalam grup idol yang berstatus hiatus hanya dapat melakukan pekerjaan jika ditawari atau mereka lolos audisi. Artinya idol tersebut masih aktif, tidak seperti grup mereka. Jika perusahaan memberi grup jatah istirahat yang baik, idol biasanya akan meninggalkan Korea Selatan dan jalan-jalan ke luar negeri.

Idol K-Pop biasa bekerja keras. Bahkan ketika masih aktif berpromosi mereka punya banyak hal untuk dilakukan, terutama idol muda yang masih bersekolah, kuliah, dan lainnya.

Idol mendapatkan uang berdasarkan apa yang mereka lakukan. Jika suatu grup mendapat job perform, gaji mereka akan dibagi-bagi untuk perusahaan, manajer, dan lainnya, lalu sisanya akan dibagikan di antara member grup atau artis solo yang bersangkutan.

Jadi, secara teori, seorang idol atau grup idol tidak melakukan aktivitas apa pun untuk mencari uang, mereka tidak akan menghasilkan banyak uang, kecuali mereka punya jatah royalti musik.

Contoh grup yang hiatus sebentar adalah SHINee.

shinee

Selama hampir dua tahun (akhir 2013 hingga musim panas 2015) SHINee, sebagai sebuah grup, absen di Korea (bukan di Jepang, di mana mereka masih mempromosikan beberapa lagu dan mengadakan konser).

Namun pada tahun 2014, maknae SHINee Taemin melakukan debut solo dan dia melakukan beberapa promosi (semua uang yang didapat melalui itu jelas terbagi antara perusahaan dan Taemin saja).

Juga, Minho punya proyek drama dan film, sedangkan Key punya proyek drama musikal. Awal tahun 2015, Jonghyun juga melakukan debut solo meski SHINee secara keseluruhan masih hiatus. Onew, sang leader, menjalani operasi tenggorokan pada sekitar awal 2014 dan harus beristirahat sebelum memulai kegiatan apa pun.

Singkatnya, banyak hal dapat terjadi pada grup K-Pop saat hiatus. Member dapat kembali berkiprah sebagai solois atau sub-unit, mereka dapat mempromosikan diri dan grup mereka sendiri dalam drama, film, variety show, acara TV, drama musikal, modeling, dan lainnya. Atau mereka dapat benar-benar beristirahat atau berlibur karena menjadi idol adalah pekerjaan yang sulit dan cedera dijamin sering terjadi.

Namun, semakin lama grup hiatus semakin sulit bagi mereka untuk comeback. Selama hiatus, penggemar bisa saja pergi, grup yang lebih baru bisa mengancam posisi grup hiatus. Grup tersebut bisa terlalu ‘berkarat’ dan’ mungkin gagal untuk comeback.

Juga, jeda panjang bisa berarti mereka akan bubar atau mungkin ada anggota yang akan pergi. Hiatus tidak selalu merupakan hal yang baik untuk perusahaan, grup, dan penggemar.

Advertisements

Komentarmu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s