Jenis Beruang Terbesar di Dunia, Beruang Kodiak atau Beruang Kutub?

Beruang adalah binatang mamalia yang berukuran besar. Tapi di antara spesies beruang tentu saja ada yang paling besar, yaitu beruang kodiak Alaska (Alaskan kodiak bear) dan beruang kutub (polar bear). Pertanyaannya, di antara dua itu siapa yang paling besar?

Beruang Raksasa

Keduanya sebenarnya nyaris sama besarnya, namun secara umum beruang kutub dianggap sebagai jenis beruang yang paling besar di dunia. Tapi apakah asumsi itu benar? Mari kita teliti.

Beruang kodiak cokelat adalah sub-species unik dari beruang grizzly atau beruang cokelat. Mereka hidup secara ekskusif di kepulauan Kodiak dan telah terisolir dari jenis beruang lainnya selama kurang lebih 12.000 tahun. Mereka dikenal sebagai pemburu yang ganas.

Gambar beruang Kodiak liar

Beruang kodiak liar terbesar yang pernah tercatat adalah seekor pejantan dengan berat mencapai 751 kg dengan ukuran kaki belakang 46 cm atau 18 inchi.

Adapun beruang kutub liar yang pernah tercatat beratnya mencapai 1.002 kg alias 1 ton, yaitu seekor pejantan di Kotzebue Sound di barat laut Alaska pada tahun 1960. Makhluk raksasa ini jika berdiri tingginya mencapai 3,39 meter. Ukuran bahu dewasa beruang kutub berkisar antara 122 cm sampai 160 cm.

Gambar beruang kutub terbesar

Jadi meski kedua spesies ini adalah monster, beruang kutub ternyata lebih besar ukurannya.

Advertisements

Komentarmu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s