6 Alasan Kenapa Cewek Milenial Malas Menikah Muda

Ada fenomena unik di kalangan cewek milenial yaitu kecenderungan mereka untuk melajang jauh lebih tinggi dibanding sebelumnya. Bagi generasi baru ini, menikah bukan lagi prioritas utama, apalagi sampai menikah muda. Ada banyak hal yang dirasa lebih penting dari menikah. Fenomena ini bertolak belakang dengan tren beberapa dekade lalu ketika cewek yang melajang akan didorong-dorong untuk menikah karena takut ‘nggak laku’ atau jadi perawan tua.

Cewek Lajang Cantik

Perusahaan konsultan, Gallup, baru-baru ini merilis data menarik bahwa 60% cewek milenial lebih memilih menjomblo. Hasil ini mengamini penelitian-penelitian sebelumnya yang juga menunjukkan hasil yang sama.

Apa sih alasan wanita milenial lebih suka hidup sendiri?

1. Asyik berkarir

Bagi sebagian wanita milenial, karir bukanlah sesuatu yang berat, malah terasa mengasyikkan. Bertemu orang-orang baru, mencoba berbagai project, menambah pengalaman dan teman, atau seru-seruan dengan teman sekantor di luar jam ngantor jauh lebih menyenangkan ketimbang jalan berdua dengan pacar.

2. Masih ingin bebas merdeka

Ini sebetulnya adalah alasan klasik, tapi masih dipakai oleh milenial yang ingin melajang. Saat lajang, apapun bisa dilakukan. Tak ada yang mengatur, tak perlu peduli siapapun, langkah kaki menjadi ringan, dan pikiran selalu fresh. Tak perlu merasakan sakit hati atau drama ala percintaan yang menguras emosi.

3. Hidup makin susah

Ekonomi juga ambil bagian dalam mendorong para wanita milenial menjauhi pernikahan. Mereka enggan hidup susah ketika menikah nanti karena ekonomi masih nggak bagus. Lagipula mereka sudah susah payah menitih karir setelah melalui jenjang pendidikan yang panjang nan melelahkan, buat apa semua itu dilakukan kalau ujung-ujungnya cuma jadi ibu rumah tangga? Begitulah kira-kira ungkapan hati mereka.

4. Trauma perceraian

Perceraian mungkin belum dialami wanita milenial, tapi mungkin saja sudah disaksikannya dari orang terdekatnya, misalnya orangtua. Hal itu menciptakan semacam trauma yang membuat mereka enggan menikah. Trauma ini juga melanda milenial berstatus janda muda yang pastinya lebih kompleks.

5. Ingin meningkatkan diri

Wanita milenial yang belum mau menikah bisa juga karena ingin memperbaiki diri dulu. Mereka merasa masih punya banyak kekurangan, belum pantas jadi istri dan ibu, dan lainnya. Mereka juga merasa perlu untuk membalas budi pada orangtua dan siapapun yang berjasa pada hidup mereka, so nikah bisa kapan-kapan deh.

6. Bukan lagi hal tabu

Menjadi perawan tua bukan lagi hal tabu di zaman sekarang, berbeda dengan zaman dulu. Banyak figur terkenal yang jadi role model milenial juga memilih melajang di usia yang tak lagi muda. Berbagai faktor berperan di sini. Mereka yang tak ingin nikah terlalu cepat sebenarnya masih ingin menikmati dan menata hidup untuk menjadi lebih baik lagi.

Advertisements

Komentarmu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s