Tips Simpel Merawat Bunga Anggrek Agar Tak Mudah Mati

Tanaman anggrek yang berwarna-warni ini memang menjadi favorit banyak orang. Anggrek biasa ditempatkan dalam pot-pot kecil yang dijejer di teras rumah, di rak bunga, atau bahkan digantung. Anggrek sebenarnya mudah perawatannya, tapi sebagian orang enggan memeliharanya karena konon tanaman ini mudah mati dan sulit berbunga. Benarkah demikian? Tentu saja tidak.

Tanaman Anggrek

Jika dirawat dengan baik, anggrek di rumah tak hanya akan awet, tapi juga rajin berbunga. Lalu bagaimana caranya?

Yang paling pertama adalah penyiraman.

Tanaman anggrek suka air, tapi tidak berlebihan. Nah saat musim kemarau datang, siramlah anggrek kesayangan Anda dua kali sehari, pagi dan sore. Usahakan untuk menyiram tanahnya langsung, jangan menyiram daun atau bunganya. Ini untuk menjaga agar bunga dan daun tak mudah rusak.

Kedua pemupukan.

Bagi sebagian kaum urban, memupuk tanaman adalah hal yang paling merepotkan dan jarang dilakukan karena selain sibuk mereka seringkali tak tahu pupuk jenis apa yang cocok untuk anggreknya. Dosis penggunaan pupuk pun seringkali diabaikan dan akibatnya bisa fatal.

Anggrek membutuhkan pupuk NPK 20-20-20 yang bisa dengan mudah diperoleh di toko tanaman atau di toko online. Dosis pemberiannya adalah 1 gram untuk 1 liter air. Dan pupuk yang sudah dicampur air jangan disiramkan di dekat akar, siramlah di dekat pinggiran pot. Pupuk NPK punya sifat panas yang bisa membuat tanaman gosong.

Dan yang tak kalah pentingnya adalah pembasmian hama, bisa lewat penyemprotan.

Setiap tanaman punya masalah sendiri-sendiri, dan anggrek paling sering diserang hama berupa kutu tanaman. Untuk mengatasinya, semprotkan saja pestisida yang juga bisa dibeli di toko tanaman. Bacalah baik-baik dosisnya, jangan sampai berlebihan.

Bila ketiga cara di atas dilakukan, maka kemungkinan besar anggrek Anda akan selalu sehat dan rajin berbunga. Oh ya, sesekali lakukan pemangkasan daun yang terlalu rimbun agar energi tanaman bisa terfokuskan pada produksi bunga. Selamat berkebun ya.

Advertisements

Komentarmu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s